Khasiat Minyak Zaitun

Sering dengar minyak zaitun, konon bagus buat kesehatan dan kecantikan. Saya baca literatur-literaturnya di internet, blom puas juga, saya beli baca bukunya “Khasiat Minyak Zaitun Resep Umur Panjang Ala Mediterania” yang ditulis oleh Cal Orey seorang jurnalis Spesialis Nutrisi, Kesehatan, dan Kecantikan. Berikut kutipan kekuatan “emas cair” ini dari buku tsb.

Olive Oil adalah salah satu minyak tumbuhan pertama yang dibuat orang yang diperas dari buah zaitun ( Olea Europe L. ) yang aslinya dikembangbiakan di Cekungan Laut Tengah. Sejak jaman para nabi tumbuhan ini telah didayagunakan untuk memasak, bahan pengobatan, kosmetik, sabun, dsb.

Jean Carper, seorang ahli kesehatan dan gizi menunjukkan bahwa riset-riset terbaru di Italia mengungkapkan bahwa minyak zaitun mengandung antioksidan yang dapat menangkal penyakit jantung termasuk timbunan kolesterol LDL dalam pembuluh darah.



Minyak Zaitun :

1. menurunkan risiko penyakit jantung dan kanker
2. meningkatkan sistim kekebalan tubuh
3. mencegah kanker
4. melindungi dari diabetes
5. melawan lemak
6. memperlambat proses penuaan, dsb.

GRADASI KUALITAS MINYAK ZAITUN.
Extra Virgin : dihasilkan dari zaitun berkualitas No.1. memiliki keasaman alami kurang dari 1% . Rasa buahnya kuat, sangat baik untuk meracik salad.
Virgin : diproses secara mekanik dengan perasan tanpa panas, yang mengubah tingkat keasaman menjadi 1-5% . Disarankan dipakai meracik salad dan marinade.
Pure : campuran minyak zaitun sulingan diolah dengan uap dan bahan kimia dan yang Virgin dan harganya lebih murah. Tingkat keasaman 3-4% . Paling sering digunakan untuk memasak.
Extracted and Refined : dibuat dari sisa perasan pertama dengan menggunakan pelarut kimia, minyak Virgin ditambahkan sebagai penguat rasa.
Pomace : dibuat dengan ekstraksi kimia dari residu yg tersisa setelah perasan dan pemrosesan kedua. Mengandung keasaman 5-10% minyak Virgin ditambahkan sebagai penguat rasa.

PENGOLAHAN ALAMI 100 PERSEN.
Pakar minyak zaitun Dr. Deane membenarkan bahwa minyak yg Extra Virgin adalah salah satu jenis minyak yang dapat dikonsumsi dan dinikmati tanpa pengolahan kimiawi. Minyak Zaitun yang diperas segar dapat dinikmati langsung dan masih memiliki seluruh kandungan rasa alami, vitamin, mineral, antioksidan, dan zat sehat lain yang terkandung dalam buah zaitun matang.

NEGARA-NEGARA PRODUSEN MINYAK ZAITUN TERBESAR.
1. ITALIA
2. SPANYOL
3. YUNANI

ISTILAH YANG HARUS KITA KETAHUI.

Blended Olive Oil : kombinasi dari berbagai jenis zaitun, minyak zaitun botolan dijual di toko.

Imported from Italy : mengesankan berasal dari pohon yang ditanam di Italia, sebenarnya hanya minyak yang dibotolkan disana.

100% Pure Olive Oil : kualitas biasa.

Made form refined olive oil : mengesankan bahwa isi botol adalah inti sari minyak zaitun, sebenarnya rasa dan tingkat keasamannya adalah hasil olahan kimiawi.

Light Olive Oil : mengesankan kadar lemak rendah, padahal hanya merujuk pada warnanya yang lebih terang.

From hand-picked olives : mengesankan adanya sentuhan pribadi pada saat pemetikan, padahal kurang jelas metode pemetikannya, dipetik langsung dengan tangan atau dengan diguncang pohonnya.

First Cold Press : menyiratkan bahwa botol ini berisi minyak kualitas nomer satu dari perasan pertama, jika dikenai panas maka susunan kimia minyak zaitun akan berubah.

PENGALAMAN SAYA PRIBADI.

Saya pakai Extra Virgin Olive Oil sebagai :

1. pembersih wajah, kombinasi dengan pembersih merk Oriflame.
2. pelembab malam hari, kombinasi dengan krim malam merk Oriflame.
3. pijat wajah, menggunakan masager Oriflame.
4. pijat dan bekam
5. obat gatal, digigit serangga, menghilangkan bekas, mengeringkan luka.
6. diminum, kombinasi dengan madu dan habbatusauda, untuk stamina daya tahan tubuh dan mempercepat pemulihan.
7. obat anti sembelit, anti diare, anti-maag.

Saya biasa beli Extra Virgin Olive Oil dari teman kantor suami merk Al Amir Spanyol… atau di toko perlengkapan dan oleh-oleh haji/umroh… atau dari supermarket merk Bertolli Italia.

Kalau teman-teman butuh info lebih jelas detil, silakan gali di internet banyak yang sharing koq… atau baca bukunya.

No comments:

Post a Comment